PROSES ORGANISASI

1.             Pengertian Pengaruh
      Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
2.             Elemen-elemen proses mempengaruhi.
a.              orang yang mempengaruhi (0)‏
b.             metode mempengaruhi (→)‏
c.              orang yang dipengaruhi (p)‏
Jadi proses mempengaruhi : 0 → p
3.             Metode mempengaruhi
a.              Kekuatan fisik
b.             Penggunaan sanksi (positif/negatif)‏
c.              Keahlian
d.             Kharisma (daya tarik)‏
4.       Daerah Pengaruh
Daerah pengaruh mencakup hubungan-hubungan :
1.             Antara perseorangan
2.             Kelompok dengan seseorangc
3.             Seseorang dengan kelompok
5.             Hubungan antara Kekuasaan dan Pengaruh
a.              Analisis French-Raven
b.             Analisis Etzioni
c.              Analisis Nisbel
6.             Pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif terbaik diantara berbagai alternatif yang ada.
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.             Proses pengambilan keputusan mencakup
a.              Identifikasi dan diagnosis masalah
a.              Pengumpulan dan analisis data yang relevan
b.             Pengembangan & evaluasi alternantif
c.              Pemilihan alternatif terbaik
d.             Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil – hasil
2.             Tipe –Tipe Keputusan Manajemen
a.              Keputusan-keputusan perseorangan dan strategi
b.             Kepusan-keputusan pribadi & strategi
c.              Keputusan-keputusan dasar & rutin
   3.                  Model-model Pengambilan Keputusan
a.              Relationalitas Keputusan
b.             Model- model perilaku pengambilan keputusan
c.
4.             Teknik Pengambilan Keputusan
a.              Teknik – teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
b.             Teknik – teknik Partisipatif
c.              Teknik – teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal
   Proses mempengaruhi,  proses pengambilan keputusan dan komunikasi  adalah proses-proses manajerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhnya pada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manajemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi  sangat penting terhadap perilaku organisasional.

sumber : http://eqanienk.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.3

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: