Aptana Studio Tool Penting Bagi Tukang Koding

Adakalanya kita suntuk dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan koding mengkoding, tentunya hal ini adalah sebuah aktifitas yang rutin dikerjakan oleh seorang programmer dalam menyelsaikan sebahagian besar atas pekerjaannya, sehari-hari mengetik dan melotot di depan komputer dengan interface hanya teks saja pastinya akan melelahkan dan membosankan sekali, untuk itu penulis coba membagi pengalaman berkaitan dengan tools yang ramah di mata untuk melakukan pekerjaan koding, tools tersebut adalah Aptana Studio yang dirilis oleh Aptana, tool ini tidak lain dan tidak bukan serta tidak jauh berbeda dengan notepad biasa, namun tentunya memiliki beberapa kelebihan yang bisa dipertimbangkan sehingga menjadi rekomendasi dari penulis bagi peogrammer. beberapa kelebihan tersebut adalah :

  1. tersedianya tema area kerja yang beragam, hal ini dapat mengurangi kejenuhan programmer pada saat ngoding karena programmer bisa mengubah warna latar belakang area kerja serta pula dapat mengubah warna teks bagi setiap element-element listing program, mudahnya adalah programmmer dapat membedakan antara sintaks yang berupa reserve word dari bahasa pemrograman dengan variable yang dibuat oleh programmer sendiri.
  2. tersedianya auto-correct, maksudnya adalah ketikak kita mengetikkan beberapa huruf pada saat menggunakan bahasa pemrograman, maka beberpa pilihan reserve word akan dimunculkan agar mempercepat pengetikan yang dilakukan.
  3. terdapat sistem folder yang terintegrasi dengan folder lokal disk sehingga setiap suatu proyek dapat dengan mudah dipahami mengenai struktur foldernya dan tentunya hal ini memudahkan programmer untuk mengedit file lain dengan cepat tanpa harus membuka jendela lain untuk mengakses file yang dibutuhkan.
  4. ukuran file untuk unstalasi cukup kecil dan tidak memberatkan kinerja komputer pada saat digunakan.

namun demikian, ada juga sedikit kekurangan dalam tools tersebut, yaitu jika kita sedang editing file yang berekstensi css, maka fitur auto-correct itu seringnya tidak muncul, sepertinya hal ini masih dalam tahap pengembangan Developer Aptana. secara keseluruhan Aptana Studio ini layak untuk digunakan bagi programmer.

Referensi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: