Operating System

Sistem Operasi Dalam ilmu komputer kita sering mendengar kata sistem operasi (OS). Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen serta perangkat keras dasar dari sistem, yaitu untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak.
Garis besar dari perangkat lunak sistem operasi berada pada lapisan pertama dalam memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sementara perangkat lunak lain dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Jadi bisa dibilang sistem operasi adalah penghubung antara perangkat lunak.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
• mekanisme boot, yang berfungsi untuk menempatkan kernel ke dalam memory
• Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
• Command interpreter atau shell, berfungsi sebagai masukan pembaca dari pengguna
• Perpustakaan-perpustakaan, yang berfungsi sebagai penyedia
Contoh sistem operasi
Di Indonesia, sistem operasi yang digunakan pada pc, laptop dan lainnya dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu:
• Yang pertama adalah kelompok microsoft adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan di dunia. Antara lain, terdiri dari beberapa waktunya OS yang terkenal misalnya Windows Desktop Environment (versi 1.x ke versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x , Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven), yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)
• Yang kedua adalah kelompok linux. Linux adalah contoh dari perangkat lunak open source tapi kualitas tidak kurang dari perangkat lunak berbayar lainnya. Linux sangat diminati karena hacker Linux tidak akrab dengan Win32 executable file-nya, sehingga kemungkinan virus adalah 0%. Lebih stabil dibandingkan OS lainnya. Semua aplikasi gratis atau open source. Dan membuat kita belajar untuk menggunakan terminal. Dari alasan terakhir itu tidak salah untuk memilih hacker linux. Sebenarnya linux unix OS milik, tetapi di Indonesia OS unix tidak begitu terkenal, yang terkenal di sini adalah linux. Contoh lain dari OS Unix adalah SCO UNIX, BSD keluarga (Berkeley Software Distribution), GNU / Linux, MacOS / X (berbasis kernel BSD-yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU / Hurd.
• Yang ketiga adalah Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi keluaran apple biasanya disebut Macintosh.
Bagaimana komputer super? Super komputer adalah banyak sistem operasi menggunakan berbeda, biasanya mereka menggunakan sistem operasi yang merupakan turunan dari Unix yang dikembangkan oleh IBM AIX atau HP / UX.
Cara Kerja sistem operasi
Dalam sistem operasi modern, pada satu waktu tidak semua program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian dari program. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini untuk menghemat konsumsi memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sementara yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Meskipun sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi pada satu waktu. Jadi bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal untuk menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, maka dengan cepat ia pindah untuk menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Jadi bagi pengguna penglihatan manusia dan perasaan, seolah-olah prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi untuk mendapatkan PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor, status proses, prioritas eksekusi proses dan lokasi informasi dalam proses memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang lebih rendah-prioritas. Sebuah sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga mengubah nilai prioritas proses tertentu, sehingga proses akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: proses yang sudah terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi untuk meningkatkan prioritas nilai).

 

sumber  : http://tatomcat.blogspot.com/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: