Tugas 1 Pengantar Telematika Semester PTA 2014/2015

1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang faktor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses!
2. Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika pada bidang pendidikan!
3. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika, jelaskan!
4. Apa fungsi dari telematika? Jelaskan!

==============Jawab=============

1. Kasus / faktor yang mempengaruhi layanan Telematika adalah Faktor Layanan Informasi dan akses jaringan artinya semakin banyak informasi yang bisa diakses mempengaruhi layanan telematika maka harus semakin banyak pula ketersediaan data / kapasitas jaringan yang ada. Kemudian ada Faktor Keamanan yang merupakan layanan telematika yang menyediakan keamanan informasi dan keutuhan data sehingga kita harus mengamankan data kita ke tempat yang lebih aman (secure) sehingga mengurangi terjadinya ketidak inginan kehilangan data tsb. Dan terakhir adalah peran SDM yang harus skillfully sehingga peranan disini dapat dioptimalkan

2. Layanan telematika pada bidang pendidikan bisa jadi dari transkip nilai dari suatu universitas, belum lama ini beredah heboh tentang mahasiswa mengirim email kepada hacker untuk meretas situs kampusnya agar nilai nya menjadi bagus, hal ini sangat memilukan karena seluruh dunia tahu akan berita ini apalagi di Indonesia. Sehingga keamanan untuk suatu database nilai di suatu universitas harus seaman mungkin dari para peretas.

3. Menggunakan kebutuhan sewajarnya saja, semisal download yang berlebihan sehingga membuat kuota menjadi habis. Maka gunakan sewajarnya saja.
– adanya virus, sehingga bisa menyebabkan kerusakan sistem yang mempengaruhi aktifitas user akses tsb.

4. Sebagai sarana komunikasi antar perorang, sehingga mempermudah silaturohmi dalam pertemanan, dan harus berhati-hati juga dalam menjalin pertemanan di sosial media, dimana kita harus waspada akan kejahatan. Lalu untuk penambah pengetahuan, sehingga memudahkan para pencari jawaban untuk mencari tahu apa yang akan dia cari.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: